Senin, 27 Januari 2020

7 Kelompok Pengembangan Kognitif Si Umur Dini




Kelompok pengembangan kognitif merupakan kategori yang dialamatkan untuk memudahkan guru PAUD dan orang tua lainnya dalam menstimulus kecakapan kognitif si kecil umur dini, sehingga akan tercapai optimalisasi potensi pada masing-masing si kecil.

Lebih jelasnya perihal 7 Kelompok Pengembangan Kognitif Si Umur Dini bisa diuraikan sebagai berikut:

1.  Pengembangan Auditory (PA)
Pengembangan Auditory (PA) merupakan kecakapan yang terkait dengan suara atau indra pendengaran si kecil.
Kecakapan yang dioptimalkan, antara lain, memperdengarkan atau menirukan suara yang didengar sehari-hari, memperdengarkan lagu atau syair dengan bagus, mencontoh instruksi verbal simpel, memperdengarkan cerita dengan bagus, menyuarakan  kembali  cerita  simpel, menebak  nyanyian atau apresiasi musik, mencontoh ritmik dengan bertepuk, mengenal asal bunyi dan mengenal nama benda yang dibunyikan.

2.  Pengembangan Visual (PV)
Pengembangan Visual (PV) adakah kecakapan yang terkait dengan penglihatan, pengamatan, perhatian, reaksi dan persepsi si kecil kepada lingkungan sekitar.
Kecakapan yang dioptimalkan, antara lain, mengenali benda-benda sehari-hari, membandingi benda-benda dari yang simpel menuju ke yang lebih rumit, mengenal benda dari ukuran, wujud, atau dari warnanya, mengenal adanya benda yang sirna seandainya digambarkan sebuah gambar yang belum total atau janggal, menjawab pertanyaan perihal sebuah gambar seri dan atau lainnya, membentuk potongan teka-teki mulai dari yang simpel hingga ke yang lebih kompleks, mengenali namanya sendiri jika tertulis dan mengenali huruf dan angka.

3.  Pengembangan Taktil (PT)
Pengembangan Taktil (PT) merupakan kecakapan yang terkait dengan pengembangan tekstur (indra peraba).
Kecakapan yang dioptimalkan, antara lain: memaksimalkan kesadaran akan indra sentuhan, memaksimalkan kesadaran akan beraneka tekstur, memaksimalkan kosa kata untuk menandakan beraneka tekstur seperti tebal-tipis, halus-kasar, panas-dingin, dan tekstur kontras lainnya, bermain di bak pasir, bermain air, bermain dengan plastisin, menebak dengan menyentuh tubuh sahabat, menyentuh dengan kertas amplas, meremas kertas koran dan meraup biji-bijian.




4. Pengembangan Kinestetis (PK)
Pengembangan Kinestetis (PK) merupakan kecakapan yang terkait dengan kelancaran gerak tangan/ keterampilan tangan atau motorik halus yang memberi pengaruh perkem-bangan kognitif.
Kecakapan yang dioptimalkan, antara lain, finger painting dengan tepung kanji, menjiplak huruf-huruf geometri, melukis dengan cat air, mewarnai dengan simpel, menjahit dengan simpel, merobek kertas koran, menghasilkan wujud-wujud dengan balok, mewarnai gambar, membikin gambar sendiri dengan beraneka media, menjiplak wujud lingkaran, bujur kandang, segitiga atau empat persegi panjang, mengontrol dan merajai sebatang pensil, membentuk atau menggabung-kan potongan gambar atau teka-teki dalam wujud simpel, sanggup mengaplikasikan gunting dengan bagus, dan sanggup menulis.

5.  Pengembangan Aritmatika (PAr)
Pengembangan Aritmatika (PAr) merupakan kecakapan yang terkait dengan kecakapan yang dituntun untuk kecakapan berhitung atau konsep berhitung awal.
Kecakapan yang dioptimalkan, antara lain, mengenali atau membilang angka, menyebut urutan bilangan, menghitung benda, mengenali himpunan dengan poin bilangan berbeda, memberi poin bilangan pada suatu himpunan benda, menjalankan atau mengatasi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan mengaplikasikan konsep dari riil ke imajiner, mengaitkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, dan menghasilkan wujud benda pantas dengan konsep bilangan.
Dalam prakteknya, bisa digunakan dengan;

Mengaplikasikan konsep waktu contohnya hari ini.
Mengucapkan waktu dengan jam.
Mengurutkan  lima  hingga  dengan  sepuluh  benda  menurut  urutan tinggi besar.
Mengetahui penambahan dan pengurangan.
6.  Pengembangan Geometri (PG)
Pengembangan Geometri (PG) merupakan kecakapan yang terkait dengan pengembangan konsep wujud dan ukuran. Kecakapan yang dioptimalkan, antara lain:

Memilih benda berdasarkan warna, wujud dan ukurannya.
Mencocokkan benda berdasarkan warna, wujud dan ukurannya.
Memperbandingkan benda berdasarkan ukurannya besar-kecil, panjang-lebar, tinggi-rendah.
Mengevaluasi benda secara simpel.
Paham dan mengaplikasikan bahasa ukuran, seperti besar-kecil, tinggi- rendah, panjang-pendek, dan sebagainya.
Mewujudkan wujud dari kepingan geometri.
Menyebut  benda-benda  yang  ada  di  kelas  pantas  dengan  wujud geometri.
Mengikuti wujud-wujud geometri.
Menyebut, memperlihatkan, dan mengklasifikasikan lingkaran, segitiga, dan segiempat.
Membentuk menara dari delapan kubus.
Mengetahui ukuran panjang, berat, dan isi.
Mencontoh pola dengan empat kubus.
7.  Pengembangan Sains Awal (SP)
Pengembangan Sains Awal (SP) merupakan kecakapan sains awal terkait dengan beraneka tes atau demonstrasi sebagai suatu pendekatan secara sainstific atau logis tapi konsisten dengan menentukan jenjang berdaya upaya si kecil.
Adapun kecakapan yang akan dioptimalkan, antara lain:

Mengeksplorasi beraneka benda yang ada di sekitar.
Mengadakan beraneka tes simpel.
Mengkomunikasikan apa yang sudah dilihat dan diteliti.
Tulisan Prinsip Prinsip Kerja Pengembangan Kognitif PAUD yakni komponen dari Perkembangan Kognitif Si Umur Dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar